Tuesday 20 October 2009

Jangan Pernah Menyerah


Kegagalan adalah sesuatu yang semua orang sama sekali tidak menginginkan kehadirannya. Sesuatu yang paling dibenci dan menyebalkan. Dimana kita sudah jauh2 hari melakukan proses meniti kesuksesan, akhirnya kandas ditengah jalan. Bagi orang yang tidak kuat imannya, ini pasti akan membuat mereka frustasi, stress, lemas, putung dan sama sekali tidak mempunyai semangat hidup.
Yang demikian itulah sudut pandang negative yang sering dimiliki oleh mereka2 yang mudah putus asa. Padahal meskipun kita gagal, itu artinya kita harus belajar dari kesalahan2 sebelumnya.
Coba kita pikirkan!! Dari sekian miliaran orang sukses, mana ada sich yang gak pernah gagal?? Pasti semuanya pernah merasakan itu.
Seperti contoh:
Mungkin kamu pernah membaca atau mendengar buku anak2 yang sangat terkenal karya Dr. Seuss (nama aslinya Theodore S. Geisel). Pernahkah kau membayangkan usaha apa saja yang ia lakukan sehingga ia sampai berhasil???..... Ketika kau membuka tirai dibalik layar, kau akan tersentak kaget.. Ternyata orang sesukses Theodore ini juga pernah mengalami masa kelam!! Kalian tahu?? Ketika buku itu ditulis untuk pertama kalinya, naskahnya sering kali ditolak hingga ada 27 penerbit telah menolak naskahnya.. Mereka mengkritik naskahnya dan menyimpulkan bahwa ceritanya terlalu banyak fantasi dan puisi. Tapi Theodore S. Geisel menaruh kepercayaan besar pada bukunya. Dia punya keyakinan pada kemampuannya menulis. Dia gigih dan sama sekali pantang menyerah meski telah berkali2 ditolak. Dia terus mengirimkan naskahnya pada penerbit lain. Dan karena kegigihannya, penerbit yang ke-28 menyukai cara pendekatan tak biasa yang diambil Geisel dalam tulisannya. Perusahaan ini kemudian membeli naskahnya, dan semenjak itu berjuta2 buku karya penulis ini laku terjual.
Lain kali, kalau kamu mencoba sesuatu dan tidak berhasil, tanyakan kepada diri sendiri,”Apakah aku sudah mencoba yang ke-28 kali?”
So, jika kalian gagal, jangan pernah sekali2 kalian mempunyai niat untuk mundur. Kalian mestinya bangga karena kalian sudah terdaftar dalam kriteria orang2 sukses karena semua kisah keberhasilan yang hebat selalu terjadi setelah suatu kegagalan dan sederet kegagalan. Ingat!! Masih banyak jalan menuju ke Roma.
Yap, aku tidak bohong. Kuncinya adalah jangan pernah menyerah. So, ayunkanlah terus kakimu selangkah demi selangkah. Jangan pernah berhenti!! Jika kamu berhenti, sesungguhnya kamu dalam kerugian yang besar. Bisa jadi ketika kamu berhenti dalam langkah ke seratus, langkah ke seratus satu adalah kesuksesanmu. Wah jangan sampai dech!!
Ada saran sedikit nich buat semua yang ngebaca blog ini, teruskan saja kalian melangkah sesuai dengan peta hidup yang sudah kalian rencanakan meskipun kamu sendiri masih bingung dalam menentukan jalannya. Ingat!! Pertolongan Allah akan selalu ada disisi hamba2-Nya yang sabar dan selalu ikhtiar. Kayak di sponsor itu loch ”setiap ada obsesi, pasti ada jalan keluarnya”. Yakin dech kalian pasti bisa jadi bagian dari orang2 yang sukses.
Kesuksesan masing2 orang itu kan berbeda2. Ada yang masih muda udah jadi pengusaha dan bahkan ada yang sudah tua alias kakek2 baru nemuin kesuksesannya. Seperti: pemilik Mc. Donald itu loch yang bernama Ray Krock. Ia baru menemukan kesuksesannya ketika usianya sekitar 50 tahun. Kelihatannya memang sukses mendadak, padahal 30 tahun sebelumnya adalah masa kelam yang panjang..
Ingat sobat!! Kesuksesan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi pake sihir. Semuanya butuh proses dan tentunya waktu yang dibutuhkan pun sangat lama.
Jangan mimpi dech.. Jika kamu ingin sukses cepet tapi hari ini kamu gak ngapa2in. capek dech!! Apa kata dunia??
Masih ada kendala dalam meniti kesuksesan??
Yach, aku punya kekurangan ini, itu, bla, bla…. So much.
Ya Allah sobat.. janganlah kamu memandang kekuranganmu sebagai sesuatu yang menghambat kesuksesanmu tapi jadikanlah itu menjadi sesuatu yang positif bagi dirimu dan orang lain.
Coba kalian bayangkan. Menggambar itu kan sesuatu yang lazim atau bisa dilakukan oleh semua orang. Tapi alangkah luar biasanya yang melakukan itu adalah orang2 yang mempunyai kekurangan di tubuhnya. Subhanallah!!
Itu baru merupakan salah satu contoh dari sekian banyak orang cacat yang sukses. Sebenarnya masih banyak lagi, diantaranya: salah seorang yang bernama Demosthenes. Dulunya ia adalah orang yang dilahirkan dengan lidah yang kelu dan nyaris sama sekali tidak bisa bicara. Dia bersumpah akan membuat lidahnya bekerja, karena dia ingin menyampaikan sesuatu untuk dikatakan. Dia pun keluar ke hutan setiap harinya dan berlatih untuk membuat lidahnya bekerja dengan cara memasukkan kerikil ke dalam mulutnya dan kemudian berteriak. Dia terus melatih dirinya, sampai kemudian ia menjadi seorang ahli pidato terbesar di antara bangsa Yunani. Wuihh hebat banget!!

So, buat temen2 dan semua yang ngebaca blog ini.. mari kita semua bangkit!! Masa depan kita begitu cerah jika kita mau menghidupkan lagi cahayanya. Kesalahan adalah sifat yang manusiawi sekali. Semua orang pasti pernah melakukan itu. Tapi alangkah baiknya kesalahan2 itu segera kita perbaiki sebelum semuanya terlambat. Saranku buat semua, terus dan terus gali potensi yang kalian miliki!! Yakinlah bahwa kalian itu bisa dan sangat bisa sebab Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya.
Wahai sahabatku semua. Mari kita rencanakan peta hidup kita!! Saya tahu bahwa Allah-lah yang Maha merencanakan segalanya. Tapi jauh lebih baik jika kita membuat peta hidup mulai dari sekarang supaya kita tidak tersesat nantinya. Asal kalian tahu bahwa Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum mereka merubahnya sendiri (ikhtiar atau usaha).

So, GOOD LUCK buat semua!! Key



No comments:

Post a Comment