Wednesday 14 October 2009

Pengertian Genetika

Para ahli biologi besardalam beberapa abad terakhir telah menunjukkan kepada kita bahwa setiap makhluk hidup tersusun atas ribuan atau bahkan jutaan bagian yang sangat kecil yang disebut sel. Setiap sel tidak hanya membawa perintah untuk hidupnya sendiri, tetapi juga membawa perintah yang lengkap bagi seluruh bagian hewan dan tumbuhan. Perintah ini disebut gen yang dikodekan dalam struktur molekul kimia yang disebut DNA (asam deoksiribonukleat). DNA bekerja dengan cara menurunkan sifat dari orang tuia kepada keturunannya. Ilmuwan zaman sekarang memahami fungsi DNA dengan baik sehingga mereka mulai mengatur dan mengubah materi-materi kehidupan, yang disebut sebagai rekayasa genetika.

Ilmuwan genius:


1. Crick dan Watson (Tahun tidak diketahui)
Prestasi : Penemuan besar DNA beruntai rangkap. Mereka mendasarkan penemuannya
pada kerja seorang ahli mikroskop muda, Rosalind Franklin (1910-1958).

2. Oswald Avery, Kanada-Amerika (1877-1955)
Prestasi : Menemukan DNA yang memberikan perintah.

3. Erwin Chargraff, Cechnya-Amerika (1905-?)
Prestasi : Menemukan cara basa DNA saling berpasangan.

4. Alfred Hershey, Amerika (1908-1997)
Prestasi : Mengembangkan gagasan bahwa DNA memberikan perintah.

Catatan penting :


*
DNA tersusun dalam berkas-berkas yang disebut kromoson. Manusia memiliki 46 kromosom (23 pasang), yang mengatur sifat kita.


*
Spiral yang menakjubkan


Molekul DNA di dalam setiap sel terlihat lebih kecil dari benang kusut, bahkan bila dilihat dengan mikroskop yang sangat kuat. Kenyataannya, struktur kimianya adalah untai atau spiral rangkap – mirip dengan tangga dari tali yang berpilin. Urutan dari anak tangga adalah kode yang memberikan perintah kepada sel untuk membuat jenis protein-protein tertentu. Pada saat sebuah protein dibuat, pilinan membuka ke tengah sehingga kode anak tangga terbuka. Penemuan struktur ini merupakan salah satu terobosan ilmiah pada pada abad ke-20. Ini dicapai pada tahun 1953 oleh dua ilmuwan muda yang bekerja di Cambrigde, Inggris: yaitu ilmuwan Inggris, Francis Crick (lahir tahun 1916) dan ilmuwan Amerika, James Watson (lahir tahun 1928). Penelitian mereka memenangkan hadiah Nobel di bidang pengobatan.



*
Menyisipkan DNA


Salah satu dari penemuan ilmiah terbesar pada abad ke-20 atau modifikasi genetic. Pada tahun 1972, ahli biokimia Amerika, Paul Berg menemukan cara mengambil sedikit bagian DNA dari satu bakteri dan “menyisipkan” secara kimia ke dalam DNA bakteri yang lain. Prestasi ini dikenal sebagai DNA rekombinan, yang mampu membuat gen-gen yang membawa satu sifat dipindahkan dari satu jenis tumbuhan atau hewan lainnya. Perusahaan bioteknologi menggunakan teknik ini untuk menambah kualitas, seperti ketahanan terhadap hama atau pertumbuhan ekstra, bagi tanaman.



*
Fakta



*
Para ahli rekayasa genetika memasukkan gen ubur-ubur yang berpendar ke dalam tubuh kelinci, dan membuat kelinci itu berpendar dalam gelap.


*
Dimasa yang akan datang, ilmuwan berharap bisa menggunakan rekayaqsa genetika untuk membuat kambing yang dapat menghasilkan jarring laba-laba dalam susunya untuk membuat rompi anti peluru yang sangat ringan.





*
Memecahkan kode


Pada tahun 1967, dua orang ahli biokimia, Marshal Nirenberg dari Amerika (lahir tahun 1927) dan Hal Khorana, India-Amerika (lahir tahun 1922) berhasil memecahkan kode genetic. Mereka menunjukkan bahwa kode genetic tergantung pada urutan keempat basa kimia yang berbeda-beda yang dibawa oleh setiap benang molekul DNA. Basa-basa ini seperti huruf-huruf alphabet, dan urutannya dipecahkan menjadi “kalimat-kalimat” yang disebut gen. kode dalam setiap gen adalah perintah sel untuk membuat sebuah protein.


Catatan:


Kembar identik saling berbagi sifat yang sama, yang disebabkan oleh kode genetiknya.


Langkah-langkah penyambungan gen :


1. Bagian dari DNA donor pembawa gen yang dikehendaki

2. Dipotong dgn menggunakan enzim restriksi

3. Cincin khusus DNA yang disebut plasmid kemudian pecah terbuka

4. Gen yang baru disisipkan dalam plasmid, yang direkatkan dengan menggunakan DNA

5. Ligase kemudian dimasukkan kedalam bakteri

6. Bakteri bereproduksi


Demikian informasi yang berhasil saya kumpulkan. Jika ada yang salah, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Alamat website :



*
http://gslc.genetics.utah.edu


*
http://www.dnaftb.org/dnaftb/

Dari: Ensiklopedia GEN

1/concept/index.html



No comments:

Post a Comment